Hobi Traveling Menghasilkan Uang? Yuk Coba 10 Cara Ini!

by - Juni 05, 2023


Hobi traveling menghasilkan uang?

Hobi traveling dengan mengunjungi tempat-tempat baru pastinya memberikan pengalaman tersendiri. Namun, hobi ini juga mengeluarkan uang yang cukup mengurus kantong untuk membayar akomodasi, transportasi, tiket wisata, serta biaya makan saat berpergian.

Sehingga seringkali dianggap salah satu hobi yang mahal. Pernahkah terpikir kalau hobi ini juga bisa menghasilkan uang?

Hobi traveling merupakan salah satu hobi yang berpotensi untuk menghasilkan uang. Tidak hanya mendapatkan kesenangan dari hobi traveling, tapi kamu juga bisa memanfaatkan hobi yang satu ini untuk menghasilkan uang.

Hobi traveling menghasilkan uang bukan hal yang tak mungkin, banyak orang telah membuktikannya. Yuk coba 10 cara ini!

1. Membuka jastip atau berjualan barang import

Jastip yaitu singkatan dari jasa titip merupakan salah satu cara untuk menghasilkan uang saat kita sedang traveling. Kamu bisa menawarkan jasa titip kepada orang lain untuk membelikan titipannya di tempat yang kamu kunjungi.

Kamu bisa mengambil keuntungan dari membuka jastip ini. Misalnya dengan memberikan fee 10% dari harga barang yang dititipkan. Bisa juga dengan memberikan patokan harga tertentu.

Saat kamu traveling ke luar negeri, kamu juga bisa berjualan barang-barang import. Ada barang-barang import yang banyak peminatnya di negara kita. Itu bisa jadi peluang kamu untuk berjualan barang import tersebut.

Misalnya berjualan tas branded. Pastinya harga tas branded di negara asalnya bakal lebih murah dibandingkan di sini. Jadi kamu bisa menambah keuntungan dari selisih harga tersebut.

Ada juga tas branded tertentu yang sudah populer disini tapi masih belum ada storenya di Indonesia. Bisa jadi peluang untuk kamu berjualan.

2. Menjadi travel blogger

Dari pengalaman kamu traveling, kamu bisa sharing pengalamanmu lewat tulisan di blog. Biasanya saat orang akan berpergian, berusaha mencari informasi-informasi tentang tempat wisata yang akan dituju.

Kamu bisa menjadi travel blogger dengan membuat blog pribadimu. Dengan sering berbagi tulisan mengenai traveling. Seperti menulis tentang tips berpergian, mereview hotel atau tempat menarik yang kamu kunjungi, dan lainnya.

Jika banyak pengunjung yang berdatangan ke blogmu, dapat dijadikan ladang bisnismu. Caranya dengan memasang Google Adsense, menerima endorsement dari travel agent, atau menyisipkan iklan dari klien.

3. Menjadi kontributor lepas

Selain menulis blog, kamu juga bisa menjadi kontributor lepas dengan membuat tulisan artikel untuk majalah atau media online yang membahas pengalaman traveling. Setiap artikel yang berhasil ditayangkan dari hobi traveling menghasilkan uang.

4. Membuat vlog

Kamu juga bisa membuat video perjalananmu yang bisa kamu upload di Youtube. Jika video yang diupload bagus, menarik, dan informatif, maka akan semakin banyak yang menonton video kamu. Jumlah viewer video kamu pun akan terus bertambah.

Jumlah viewer ini yang akan menjadi modalmu untuk mengembangkan chanel Youtube kamu untuk dimonetisasi. Dengan cara menyisipkan iklan Adsense atau produk klien yang bekerjasama dengan kamu nantinya.

5. Menjual hasil foto

Hobi traveling menghasilkan uang, bisa dengan menjual hasil foto di microstock. Pastinya saat traveling kamu akan mengunjungi tempat-tempat yang menarik. Kamu bisa hunting foto ketika sedang traveling. Daripada fotonya hanya disimpan saja lebih baik kamu jual melalui platform Microstock.

Saat ini sudah banyak platform tersebut yang memberikan komisi menarik dari foto-foto yang terjual, seperti Shutterstock, Istock, Canva, Adobe Stock, dan lainnya. Pastikan hasil fotomu bagus yah agar berhasil terjual!

6. Membuat buku

Selain membuat tulisan di blog, kamu juga bisa membuat buku dengan menuliskan panduan untuk traveling, bisa juga memceritakan pengalaman-pengalaman unikmu saat traveling dengan angle penulisan yang menarik.

Seperti Trinity, seorang travel blogger "The Naked Traveler" yang bermula dari blog pribadi yang akhirnya bia menerbitkan banyak buku mengenai pengalaman travelingnya.

Kalau kamu belum bisa menembus penerbit besar untuk publikasi bukumu, kamu bisa juga mencoba dengan self publishing.

Kamu bisa memasarkan bukumu kepada orang-orang terdekatmu seperti teman-temanmu sendiri dan mempromosikannya di media sosial.

7. Membuka jasa open trip

Kamu bisa juga membuka jasa open trip khususnya untuk tempat wisata yang sudah pernah kamu kunjungi. Open trip ini adalah melakukan sebuah perjalanan bersama, biasanya dengan orang-orang yang tidak dikenal, dengan tempat dan waktu yang sudah ditentukan.

Jasa open trip ini cukup populer ke daerah yang memiliki potensi wisata yang menarik. Jadi kamu sambil traveling juga bisa menghasilkan uang dengan membuka jasa open trip ini.

8. Menjadi fotografer

Selain hobi traveling, jika kamu juga memiliki hobi fotografi, kamu bisa menjadi fotografer untuk wisatawan. Walaupun sekarang sudah ada alat bantu seperti tongsis dan tripod, akan lebih mudah dan terbantu untuk mengabadikan moment jika difoto oleh fotografer.

9. Menjadi travel organizer

Banyak juga orang yang traveling tetapi tidak memiliki waktu untuk menyusun rencana perjalanannya. Nah, ini bisa jadi peluang kamu untuk menghasilkan uang dari hobi traveling.

Kamu bisa menjadi travel organizer dengan membuka jasa pembuatan itinerary, membantu mengurus visa, mengurus penginapan, dan lainnya yang berhubungan dengan tujuan wisata.

10. Menjadi travel influencer

Travel influencer merupakan istilah untuk sosok inspiratif yang bekerja dengan memberikan informasi-informasi seputar traveling. Biasanya mereka membagikan informasi tersebut secara gratis di akun sosial medianya dan mereka memiliki banyak follower.

Travel Influencer yang memiliki banyak follower setianya, yang jumlahnya bisa ribuan atau bahkan ratusan ribu ini sering kali diincar oleh banyak perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata untuk diajak kolaborasi.

Tentunya akan dibayar untuk mempromosikan produk mereka, dan bisa jalan-jalan gratis. Jika akun sosial mediamu banyak followernya bisa nih menjadi travel influencer.

Penutup

Hobi traveling menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan karena kamu dapat refreshing, menikmati berbagai tempat untuk meredakan stres dan beban pikiran yang ada. Selain itu, kamu mendapatkan pengalaman yang berkesan, juga menambah wawasan kamu dengan mengunjungi tempat-tempat yang baru.

Nah, ternyata dengan hobi ini kamu juga bisa sekaligus menghasilkan uang loh. Namun, tentunya hobi traveling menghasilkan uang membutuhkan komitmen dan kerja keras kamu untuk mewujudkannya. Yuk dicoba!

Referensi :

https://jejakdolan.com/2023/02/28/menghasilkan-uang-dari-hobi-traveling/

https://www.cekaja.com/info/mau-traveling-sekaligus-dapat-uang-pakai-6-cara-ini

https://www.hipwee.com/sukses/bisnis-dari-hobi-traveling/

https://www.indozone.id/life/RMsvzvl/menghasilkan-uang-dari-hobi-traveling-ini-cara-dan-rahasianya-nomor-3-cuannya-instan/read-all

https://www.urbanasia.com/style/5-cara-manfaatkan-hobi-jalanjalan-jadi-ladang-penghasilan-U55277


You May Also Like

0 komentar