Berburu Kuliner Halal di Jepang

by - Februari 09, 2020


Salah satu hal yang membuat saya antusias pergi ke Jepang adalah untuk berburu kuliner halal di sana. Khususnya untuk mencoba aneka japanese food seperti ramen, udon, sushi, nasi kari khas jepang dan lainnya. Senangnya saat ini di Jepang sudah tersedia berbagai restoran halal. Jadi saya bisa mencoba aneka macam japanese food yang autentik dengan tenang tanpa harus was-was mempertanyakan kehalalannya. Kali ini saya ingin sharing pengalaman saya saat berburu kuliner halal tersebut.  

1. Naritaya
Menu set ramen yang saya pesan saat pertama kali makan di sini
Naritaya merupakan resto halal pertama yang saya kunjungi saat sampai di Osaka. Lokasinya ada di Namba, tidak terlalu jauh dari Dotonbori. Tempatnya tidak terlalu besar, tapi masih tetap nyaman. Review tentang Naritaya sudah saya tuliskan sebelumnya, yang bisa kalian baca di tulisan ini.

2. Ayam-Ya
Spicy ramen Ayam-ya
Ayam-ya salah satu kedai ramen halal di Jepang. Kedainya ada di Osaka, Tokyo dan juga Kyoto. Sesuai namanya Ayam-ya, menu di sini semuanya ayam. Kaldu ramennya pun terbuat dari kaldu ayam. Saya suka banget sama rasa kuah ramennya bikin ketangihan. Lihat foto ramennya aja udah bikin saya ngiler wkwkwk jadi pingin makan ramen Ayam-ya. Tidak heran saat adik saya pulang dari jepang tahun lalu selalu sebut-sebut Ayam-ya. Emang beneran enak. Sampai-sampai nyampe indo jadi terbayang pingin makan ramen Ayam-ya lagi. Sayang di indo gak ada, saya belum nemuin ramen yang rasanya mirip kaya itu. Selain Ayam-ya sebenarnya ada kedai ramen halal yang lain yang katanya enak juga, bahkan katanya lebih enak dari Ayam-ya tapi sayangnya saya gak sempat untuk mencobanya.
Chicken Karage
Menu yang tersedia di sini selain ramen juga tersedia menu tambahan seperti nasi, karage, gyoza, ada tambahan toping juga kalau mau, kaya tambah telur rebus, dll. Range harga ramen sekitar 800an yen. Di sini tidak ada pilihan menu minum, tapi tenang aja tersedia ocha dingin gratis. Kalau kalian mau sholat di sini juga tersedia musholla.  

3. Curry House Coco Ichibanya
Vegetable Curry with Chicken Cutlet
Coco Ichibanya merupakan resto khusus spesialisasi nasi kari jepang. Coco Ichibanya ini di Jepang sudah banyak outlet ada di berbagai kota, tapi untuk yang bersertifikat halal cuma ada 2 outlet dan dua-duanya cuma ada di Tokyo. Lokasinya ada di Akihabara dan Shinjuku. Saat di Tokyo saya mencoba makan nasi kari ini di outlet Shinjuku. Lokasinya ada di lantai B1 jadi kita harus turun menggunakan lift dulu. Untuk patokannya liat aja logo dan tulisan Coco Ichibanya, nanti ada keteranganya dekat lift. Waktu itu saya menggunakan google map untuk petunjuk arahnya. 

Saat memesan nasi kari di sini banyak pilihannya dari yang plain (cuma nasi dan saus kari), vegetable/sayur yang cocok untuk yang vegan, dan juga mix (antara sayur dan ayam). Di resto kari ini kita bisa milih jumlah porsi nasinya dari 200 gram sampai 500 gram. Untuk standart porsinya itu 300 gram. Menurut saya porsi 300 gram ini cukup banyak. Jadi 1 porsi nasi kari ini bisa berdua dengan adik saya. Selain jumlah porsi nasinya, kita juga bisa memilih tingkat kepedasan saus karinya dari level 1 - 10. Untuk harganya variatif sekitar 500 yen - 1700 yen untuk porsi standar. Di resto ini juga terdapat kids menu yang porsinya tidak terlalu besar, harganya sekitar 400 yen.  

Selain kari, di resto ini juga tersedia menu berbagai salad, ada green salad, corn salad, dan karage salad seperti pada foto di bawah ini. Saladnya terdiri dari potongan selada, irisan kol dan wortel, juga jagung manis, serta chicken karage sebagai topingnya. Untuk dressing saladnya mereka menggunakan saus wijen. Kalau kalian tau dressing salad yang merek Kewpie, yang sering di jual di super market, rasanya mirip itu yang varian wijen sangrai.

Karage Salad
Ternyata CoCo Ichibanya ini sudah ada di Indonesia. Outletnya udah ada beberapa di mall Jakarta diantaranya ada di GI (Grand Indonesia), Neo Soho dekat Cetral Park, dan Senayan. Tapi saya belum pernah berkesempatan mencoba di Jakarta. Mungkin lain kali kalau lagi jalan-jalan di mall-mall tersebut bisa mencoba makan nasi kari di sana.

4. Asakusa Sushiken
Asakusa Sushiken tempat makan sushi halal di Tokyo

Saat ingin makan sushi di Jepang tapi mencari yang halal, bisa mampir ke Asakusa Sushiken yang ada di Tokyo. Lokasinya ada di Asakusa, Taito City, kalau dari sensoji temple sekitar 1 km. Jam bukanya kalau senin sampai sabtu jam 12.00-14.00 untuk makan siang selanjutnya buka lagi jam 17.00-24.00 untuk makan malam, sedangkan hari minggu dan hari libur dari jam 11.30-15.00 dan 17.00-22.00. Kalau di Jepang banyak resto yang jam bukanya ada waktu jedanya kaya resto ini, biasanya ada jam tutup antara selesai jam makan siang sampai menjelang jam makan malam. Jadi kalau mau ke sana perhatikan jamnya, jangan sampai nyampe sana lagi tutup yah hehehe.

Harga makanan di resto ini untuk menu paket berkisar 1000 yen - 2.200 yen terdapat menu paket sushi, tempuran set, dan aneka rice bowl. Selain paket juga bisa memesan porsi kecil yang 1 porsinya terdapat  2 potong harganya sekitar 200 yen.
Beberapa slide sushi dan paket menu tempuran

Saat makan di sini saya memesan beberapa macam sushi dan menu tempuran set. Tempura set ini terdiri dari berbagai tempura (kalau di indonesia tempura ini kaya gorengan bertepung) ada yg isi udang, ubi, bawang bombay dan lainnya, ditambah  nasi, sup miso, serta beberapa potong sashimi, dan salad. Udah paket komplit gitu.

5. Yoshiya Arashiyama
Lokasi restonya ada di dalam bangunan ini
Waktu saya berjalan-jalan ke Arashiyama di Kyoto, yang terkenal dengan hutan bambunya, sempat bigung untuk mencari tempat makan halal dan tempat sholat. Coba untuk browsing di google, ternyata ada tempat makan halal dan juga tersedia prayer room yang tidak terlalu jauh dari situ. Lokasinya lebih dekat dari jembatan togetshu-kyo dibandingkan dari hutan bambunya. Nama restonya Yoshiya.
Spicy Deep Fried Chicken Rice Bowl menu yang saya pesan waktu itu
Yoshiya merupakan restoran Jepang autentik. Di sini menyediakan aneka macam masakan khas Jepang. Kalau kalian ingin mencoba daging wagyu di sini juga tersedia. Rata-rata menu makanan di sini sudah per paket. Harga makanan utamanya sekitar 950 yen - 5000 yen. Untuk menu wagyu shabu-shabu harganya 5000 yen.
  
6. The U-don
Niku udon dan tambahan oden
Sesuai dengan namanya restonya, tempat makan ini khusus menyediakan udon. Saya menemukan kedai udon ini saat mencari resto halal di Bandara Kansai Osaka. Kalau di indonesia konsep resto ini mirip banget kaya Marugame, menunya juga gak jauh beda ada menu khusus udon, menu nasi, juga tempura yang bisa kalian pilih dan yang bedain dari marugame di sini terdapat oden. Kalau tempura itu di goreng sedangkan kalau oden itu di rebus. Rasa udonnya juga hampir mirip dengan Marugame.
Beef rice bowl di The U-don
Bedanya kalau di The U-don udah self service, jadi kalau kita sudah selesai makan, peralatan bekas makannya ditaro di tempat counter khusus, nanti pelayannya mengambil piring kotornya dari situ.

7. Sojibo
Cold soba noodles with grated yam and a soft-boiled egg
Sojibo merupakan resto halal yang menyediakan aneka menu mie soba. Resto ini memiliki sertifikat halal dari Malaysia. Saya mencoba mie soba ini saat lagi jalan-jalan di Odaiba, Tokyo. Lokasinya ada di Diver City Tokyo Plaza, lantai 6. Di Diver City Tokyo Plaza tempat lokasinya patung gundam unicorn dan dekat juga dengan liberty statue. Selain di Odaiba, resto ini juga terdapat di Bandara Kansai, Osaka dan Bandara Narita, Tokyo.
Set hot soba noodles with cutlet over rice in bowl
Resto ini menyajikan pilihan menu mie soba yang cold/dingin dan hot/panas, jadi kita bisa memilih sesuai selera. Waktu itu saya memesan 1 set mie soba yang dingin dan 1 lagi yang panas. Jujur saya lebih suka mie soba yang panas, karena mungkin kurang terbiasa makan mie dengan kuah yang dingin jadi di lidah terasa agak aneh. Selain mie soba di sini juga menyediakan menu tempura, sashimi, dan curry. Kalau kalian tertarik makan mie soba yang autentik dan halal bisa datang ke salah satu outletnya.

Semoga informasi ini bisa membantu teman-teman yang akan pergi ke Jepang atau berencana ke Jepang agar tidak perlu bigung atau khawatir untuk makan, karena di Jepang sudah mulai banyak tempat makan halal. Selamat mencari dan mencoba makanan halal di Jepang 😊


You May Also Like

38 komentar

  1. Alhamdulillah sekarang sebagai seorang muslim sudah tidak sulit lagi ya mbak untuk cari makanan halal

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba alhamdulillah sekarang udah banyak negara minoritas muslim yang mulai memfasilitasi kebutuhan traveler muslim

      Hapus
  2. Waah... Jadi laper.. smg suatu saat bisa ke Jepang. Makasih sharing nya mbak...

    BalasHapus
  3. Masyaallah tulisannya Keren bgt mba... Jadi ngiler liat foto makan... Hehehehe

    BalasHapus
  4. Mbaaakk aku sambil nelan ludah loh ini bacanyaa 😍😝 terimakasih sudah sharingggg 💙

    BalasHapus
  5. MasyaAllah...saya auto lapar ini mba...Jazakillah sharingnya

    BalasHapus
  6. Masya Allah..nice sharing mba😊

    BalasHapus
  7. Baca malem2 auto laper jadinya mba 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe bahaya emang kalau liat info tentang makanan malem-malem, apalagi menjelang tidur :D

      Hapus
  8. Masya Allah..tulisannya kereen, bikin ngiler😅. Dan pastinya bisa dijadiin referensi buat kl ke jepang nnti..😊

    BalasHapus
  9. Menggoda banget itu makanannya...jd laper😋😋😋

    BalasHapus
  10. Salah satu negara yg ingin saya kunjungi, smg ada rezeki kesana aamiin. Makasih infonya mba

    BalasHapus
  11. Kapan yeu ke jepang ya Allah.. makasih mb infonya!!!😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga nanti ada rezeki untuk ke sana yah mba aamiin. sama-sama mba :)

      Hapus
  12. Wah! Jadi kangen makan Ayam Ya di Tokyo, wwkkwk
    Bagus bgtt tulisannya mbak, buat referensi teman-teman (anak Indo) yang mau liburan ke Jepang. Semangat trus nulisnya mbak. Nice sharing! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aku juga jadi pingin ayam ya pas nulis ini hehehehe wahh makasih mba :D

      Hapus
  13. Makasih infonya mba, liat menu2 nya jadi pengen nyoba semua 😄 apalagi buat yang suka makanan jepang,perlu di coba 😊

    BalasHapus
  14. Alhamdulilah. Tak perlu khawatir lagi kalau ke Jepang ya. Syukron infonya. Tetap semangat ngeblognya. Btw, baca dan lihat menunya, bikin lapar lagi 😄

    BalasHapus
  15. MasyaAllah ternyata banyak juga ya mba resto halalnya... Liat foto makanan bertebaran jadi kepengen makan :)

    BalasHapus