Tips Hemat Mengatur Budget Traveling ke Thailand Selama 8 Hari

by - Maret 04, 2020


Saat melakukan perjalanan atau traveling, hal yang sangat penting untuk dipersiapkan adalah budget traveling. Budget ini yang sangat menentukan kualitas perjalanan kita. Apa mau memilih backpackeran atau flashpackeran atau yang fancy? apapun pilihannya tentu bebas, asal disesuaikan dengan budget traveling yang kita punya. 

Pengalaman traveling ke Thailand beberapa tahun lalu merupakan pengalaman pertamaku untuk mengatur budget traveling-ku sendiri. Sebelum menentukan budget, aku melakukan beberapa riset dari budget para travel blogger dan harga paket tour travel. Dari hasil riset ini jadi ada gambaran standar murah dan mahal untuk budget traveling ke Thailand. Lalu disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan finansialku. Pengaturan budget yang baik dapat menghemat biaya selama perjalanan, tanpa mengurangi kenyamanan. Tentunya standar kenyamanan setiap orang tidak selalu sama, jadi cukup disesuaikan saja.

Untuk menentukan budget untuk traveling ke luar negeri, khususnya ke Thailand ini, ada 5 hal utama untuk menentukan budget diantaranya: tiket pesawat PP , penginapan, tiket wisata, transportasi, dan biaya makan/minum. Dan ditambah dengan 1 hal pendukung, seperti : internet, pengeluaran belanja, biaya tak terduga, dan lainnya di luar dari 5 hal utama. Biasanya aku tuliskan di poin ke 6 aku kasih judul "Lainnya".    

Harga tiket PP Jakarta-Bangkok pastinya variatif tergantung fasilitasnya juga. Kita mau milih maskapai low cost atau yang full service? yang transit atau penerbangan langsung? Selain harga perhatikan juga waktu tempuh ke tempat tujuan, jadwal jam terbang, serta fasilitas seperti bagasi, makan dan lainnya. Standar harga tiket PP  dari yang low cost sekitar satu jutaan sampai tiga jutaan untuk penerbangan langsung dan all in atau full service. Saat itu aku mendapatkan harga tiket PP Jakarta - Bangkok sekitar 1,5jutaan sudah full service tapi transit di Malaysia karena aku pakai Malaysia Airline. 

Hal ke dua yang harus diperhatikan untuk mengatur budget traveling yaitu penginapan. Pilihan penginapan beragam bisa memilih menginap di hostel, hotel, atau AirBnB. Saat memilih penginapan selain harga, pertimbangkan kenyamanan, lokasi atau akses penginapan, juga jumlah teman traveling kita. Kalau mau hemat lebih baik memilih untuk menginap di hostel. Hostel di Bangkok banyak yang murah dan juga nyaman. Selama 8 hari 7 malam di Bangkok aku memilih 3 penginapan, 2 hostel dan 1 hotel. Total biaya penginapan untuk 7 malam sekitar 1jutaan. Jangan memilih penginapan dengan harga murah tapi lokasi dan akses ke tempat wisata jauh atau sulit, nanti bukannya hemat malah biaya transportasinya yang besar. Kalau kalian pergi traveling banyakan, yah sekitar 4 orang lebih, bisa juga memilih menginap di AirBnB, siapa tau bisa lebih hemat dan nyaman dibandingkan di hostel. 

Tiket wisata juga mempengaruhi biaya budget traveling kita. Lebih baik saat merencanakan perjalanan sudah menentukan tempat wisata yang ingin dikunjungi dan cari info biaya tiket masuknya. Semakin banyak tempat wisata yang berbayar yang kita kunjungi tentunya semakin banyak pengeluarannya. Untuk menghemat bisa mencari promo-promo tiket online di berbagai travel e-commerce atau di websitenya langsung. 

Penting juga memperhitungkan biaya transportasi selama di Thailand. Untuk keliling Kota Bangkok, transportasi umumnya sudah beragam, selain taksi kita bisa memilih alternatif pilihan transportasi yang lebih hemat seperti bis, perahu seperti Chao Praya Boat Express (CPBE), kereta ada BTS dan MRT. Bisa juga menggunakan transportasi online seperti grab. 

Dan ada satu hal penting lagi yang harus disiapkan dalam mengatur budget traveling yaitu untuk makan/minum. Biaya makan di Bangkok menurutku harganya tidak jauh beda dengan Jakarta. Untuk menghemat biaya makan aku menyarankan jangan sering-sering makan di mall atau tempat fancy karena itu pastinya bakal menguras biaya. Kita bisa mencoba makan street food atau rumah makan yang lebih sederhana atau di pasar malam. Perbandingannya kalau aku makan street food sekali makan harganya minimal 40 bath kurang lebih 20.000 rupiah, sedangkan kalau di Mall minimal 300 bath sekitar 150.000 rupiah. Konversi 1 bath sama dengan 500 rupiah. 
Rincian pengeluaran traveling ke Thailand selama 8 hari
Rincian pengeluaran aku saat traveling ke Thailand selama 8 hari 7 malam sekitar 6,7 juta rupiah. Menurutku itu sudah termasuk murah. Kalau dihitung biaya per hari sekitar 840.000/ hari. Btw, rincian di atas belum termasuk biaya belanja karena kalau biaya belanja itu lebih personal tergantung masing-masing. Kalau kalian berniat belanja juga jangan lupa dimasukan budgetnya agar nanti tidak khilaf jadi tidak terkontrol budgetnya, bukannya hemat malah jadi membengkak budgetnya. Oke, sekian tips-tips hemat mengatur budget traveling ini, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman yang berencana traveling ke Thailand 😊.

You May Also Like

24 komentar

  1. Keren mb ada rincian pengeluarannya juga..😊 Such a good traveler..

    BalasHapus
  2. mantap sekali mbaa....
    itu sendiri atau rombongan mbaa...

    BalasHapus
  3. Utk makanan halal, gampang nyari kah Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang-gampang susah mba hehehehe rata-rata kalau di bangkok hampir selalu ada di sekitar area turis. tapi pas saya ke santorini park ga ad resto yang sudah sertifikat halal, jadi ditunjukin sm waitresnya makanan yang aman buat muslim.

      Hapus
  4. Kerennya...perlu bgt baca blog traveling yang lengkap gini

    BalasHapus
  5. Cakep bgt tulisannya mba, jazakillah sharing nya mba

    BalasHapus
  6. Mba, nyari tiket promo (flight, hotel/hostel, tempat wisata) gitu sebaiknya berapa lama sebelum keberangkatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya sih minimal 3 bulan sebelum keberangkatan, soalnya kalau terlalu mepet harganya lebih mahal. manfaatin juga event-event promo misal saat promo menjelang idul fitri, event 17 agustusan suka ada diskon di traveloka, tiket.com, dan travel e-commerce lainnya. dan sering-sering cek harga di berbagai tempat untuk perbandingan harga, biar dapet yang paling murah hehehe

      Hapus
  7. Waa Pengen juga kesana, makasih tips budgetting ya mbaa 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama mba, semoga segera terlaksana ke sana yah mba aamiin :)

      Hapus
  8. Nah ini traveller sejati..lmyan ramah di kantong ya mba pengeluaran disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba traveling ke thailand termasuk yang ramah kantong

      Hapus
  9. Waah..keren, jazakillah khoir sharingnya mba

    BalasHapus
  10. masyaaAllah...nice share, tq
    semoga suatu saat bisa traveling ke luar negeri...aamiin

    BalasHapus
  11. MasyaAllah, keren, sangat terperinci :)

    BalasHapus
  12. Masya Allah, terimakasih tips budgeting untuk liburannya mba

    BalasHapus