Serunya Menjelajahi Dunia dengan Halal Cruise Bersama Cheria Holiday

by - Maret 13, 2020

Image by Cheria Holiday
Bagi umat muslim melakukan perjalanan ke luar negeri yang merupakan negara minoritas muslim sering kali menjadi hambatan, perihal ketersediaan makanan halal. Islam memerintahkan umatnya untuk mengkonsumsi makanan halal. Halal di sini tidak hanya “no pork and no lard”, tapi ada ketentuan-ketentuan lain seperti cara menyembelih hewan ternak yaitu: ayam, sapi, kambing, dan lainnya yang sesuai syariat islam. Selain itu penggunaan peralatan makan dan masak yang tidak tercampur baur dengan peralatan makan dan masak untuk mengelolah makanan yang tidak halal, yang mengandung babi misalnya. Hambatan tersebut membuat umat muslim, termasuk saya, menjadi khawatir dan ragu melakukan perjalanan ke negara non muslim. Apalagi melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal persiar atau cruise trip antar negara yang sering kali minim menyediakan makanan halal.

Seiring dengan waktu, semakin meningkatnya wisatawan muslim, mulai berkembangnya halal tour yang dapat mengakomodasi kebutuhan bagi para wisatawan muslim. Seperti di Indonesia yang merupakan negara mayoritas muslim, mulai banyak bermunculan travel agent yang berkonsep halal. Salah satunya adalah Cheria Holiday yang mulai berdiri tahun 2012. 

Pertama kali saya mengetahui Cheria Holiday ini saat saya sedang mencari paket tour yang ramah muslim, yang dapat menyediakan makanan halal dan juga menyediakan waktu shalat dalam rencana perjalanannya. Dari pengalaman sebelumnya saat pergi ke luar negeri dengan menggunakan tour biasa, bukan halal tour, membuat perjalanan saya menjadi tidak nyaman karena kesulitan mendapatkan makanan halal dan tidak diberikan waktu khusus untuk melaksanakan sholat sehingga membuat saya kesulitan untuk makan dan melaksanakan shalat. Alhamdulillah dengan adanya halal tour, seperti Cheria Holiday ini kendala tersebut dapat diatasi. Cheria Holiday selalu berkomitmen menyediakan makanan halal juga pastinya menyediakan waktu untuk shalat di dalam rencana perjalanannya. Sehingga liburan kita di negara non muslim tidak menggangu ibadah kita serta tetap mengkonsumsi makan yang halal yang sesuai syariat islam.

Paket tour yang disediakan di Cheria Holiday mencakup tour dalam negeri dan juga luar negeri. Paket tour luar negerinya pun tidak hanya haji dan umroh, juga melayani seluruh penjuru dunia, yaitu berbagai negara di benua Asia, Eropa, Australia, dan Amerika. Selain itu ada juga paket tour yang sangat menarik perhatian saya, yang sepengetahuan saya cuma ada di Cheria Holiday ini, yaitu Halal Cruise.


Halal Cruise merupakan paket wisata dengan melakukan pelayaran ke berbagai negara yang sudah tersedia menu halal selama dalam perjalanan di atas kapal persiar.  Koki di kapal persiar ini sudah memiliki sertifikat halal, jadi sudah dipercaya untuk menyediakan makanan halal. Paket Halal Cruise di Cheria Holiday ini menyediakan paket perjalanan ke berbagai negara Asia, Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika. Cruise-nya pun beragam ada Dream Cruise, Royal Caribbean Cruise, Disney Cruise, Costa Cruise dan lain-lain. 

Tidak hanya fasilitas makanan halal yang disediakan di Halal Cruise ini, tapi juga di atas kapal persiar dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menarik seperti kolam renang yang juga terdapat wahana air, play ground untuk tempat bermain si kecil, bermain bowling, menonton atraksi, dan fasilitas menarik lainnya, yang patut dicoba sehingga membuat kita tidak akan bosan selama melakukan pelayaran dan merasa nyaman. Dengan berbagai fasilitas tersebut, cruise ini juga cocok untuk seluruh keluarga. Bisa jadi alternatif liburan keluarga. Harga Halal Cruise yang ditawarkan pun masih tergolong affordable untuk melakukan cruise trip dengan kapal persiar yang mewah, dimulai dengan harga 4 juta rupiah. Untuk info lebih lengkapnya bisa langsung mengunjungi website Halal Cruise bersama Cheria Holiday.
Sertifikat halal food di Halal Cruise by Cheria Holiday
Saat pertama kali ke Thailand sekitar tahun 2005, saya mengikuti paket trip Chao Praya Dinner Cruise menelusuri sungai Chao Praya, sambil menikmati makan malam di atas kapal dengan ditemani keindahan pemandangan Kota Bangkok di malam hari.  Berbagai makanan dihidangkan dan tertata dengan cantik di meja prasmanan, sangat menggoda rasanya ingin mencoba semua menu. Namun sayang makanan yang dihidangkan tidak terjamin kehalalannya. Sehingga pilihan makanan pun menjadi terbatas, dari sekian banyak menu hanya bisa mengkonsumsi hidangan laut saja dan pilihan menunya juga sedikit. Alhasil saya hanya memakan pasta dan kerang yang dibaluri keju. Pengalaman tersebut yang membuat saya tidak begitu tertarik untuk melakukan perjalanan dengan kapal pesiar atau mengikuti cruise trip karena nanti khawatir akan kesulitan untuk makan. Tergoda dengan hidangan makanan yang tersedia tapi sayang cuma bisa dipandang saja tanpa bisa dicicipi. Tapi itu dulu, dengan tersedianya Halal Cruise di Cheria Holiday ini membuat saya berubah pikiran. Saat ini saya semakin antusias untuk melakukan pelayaran menjelajahi dunia. Pastinya menjadi semakin seru menjelajahi dunia dengan Halal Cruise bersama Cheria Holiday !



You May Also Like

10 komentar

  1. masya allah,
    nice info mbakkk
    keren nih, makin banyak yang menyediakan kemudahan bagi wisatawan muslim ya mbaa

    BalasHapus
  2. impian banget sih mba akutu bisa naik kapal pesiar gini, semoga kesampaian buat babby moon ga lama dari ini dan segala penyakit yg sedang booming segera mereda juga

    BalasHapus
  3. Smoga makin banyak halal tour jdi ga ribet ngurus smua sndiri ya mba

    BalasHapus
  4. MasyaAllah.. makasiy review dan sharingnya, nambah referensi :)

    BalasHapus