Biaya Liburan ke Jepang Selama 12 Hari

by - Maret 27, 2020


Salah satu pertanyaaan yang sering ditanyakan teman-teman saat aku traveling biasanya persoalan budget. Seperti saat traveling ke Jepang tahun lalu sering kali ada yang nanya untuk traveling ke Jepang 12 hari total biayanya berapa. Nah, untuk melengkapi tulisan series perjalanan aku ke Jepang, aku buat khusus tulisan tentang budget traveling ke Jepang selama 12 hari ini. Semoga pengalaman aku ini bisa menjadi referensi teman-teman yang akan merencanakan perjalanan liburan ke Jepang. Jadi dapat gambaran budget traveling yang harus disiapkan untuk traveling ke Jepang.  

Sebenarnya total perjalanan aku ke Jepang itu 2 minggu, 12 hari di Jepang ditambah 2 hari perjalanan Jakarta - Singapur - Osaka. Aku berangkat dari Jakarta malam hari transit dulu di Singapur baru siangnya berangkat ke Osaka. Saat pulang juga transit dulu di Singapur, sampai Jakarta besok paginya. Untuk lengkapnya, itinerary perjalanan aku selama di Jepang bisa dibaca di itinerary Jepang part 1 dan part 2.
Rincian pengeluaran traveling ke Jepang selama 12 hari
Cara aku mengatur budget traveling masih sama caranya seperti saat aku traveling ke Thailand. Bisa kalian baca dulu di tips hemat mengatur budget traveling ke Thailand. Di atas sudah aku tampilkan tabel budget traveling aku ke Jepang selama 12 hari untuk satu orang. Jumlah total pengeluaran aku selama 12 hari sekitar 16 jutaan, kalau dihitung per harinya sekitar 1.384.474 / hari digenapin untuk pengeluaran perharinya sekitar 1,4 juta/hari. Apa termasuk murah ? jelas lebih murah dibandingkan dengan paket tour yang sekitar 20jutaan untuk 6 atau 7 hari, dan biasanya 2 hari sudah dipakai waktu perjalanannya jadi efektif waktu jalan-jalan di Jepangnya paling 4 atau 5 hari. Kalau dihitung perharinya sekitar 3 jutaan/hari biayanya. Kok bisa jauh lebih murah dengan jumlah hari yang lebih lama ? dari pengalaman traveling sebelumnya saat menggunakan paket tour, aku jadi tahu pengeluaran-pengeluaran apa yang bisa di hemat. Setelah dicermati pengeluaran untuk penginapan dan makan ini bisa banget untuk dipangkas.

Harga tiket pesawat yang aku beli itu singapore airlines 4,3juta yang ternyata bisa dapat lebih murah kalau pakai traveloka karena waktu itu lagi ada potongan diskon 500ribu yang sayangnya aku baru tau setelah beli tiket di travel agent karena aku pikir harga itu yang udah paling murah untuk bulan itu karena sebelumnya harga tiket maskapai full service rata-rata 5jutaan. Jadi penting banget nih sebelum beli cek-cek harga dan promo di semua tempat. Bahkan temanku dapat harga tiket 3juta PP pakai Japan Airlines (JAL) penerbangan langsung dan full service.

Untuk menghemat makan dan biar lebih praktis aku bawa bekal dari indo kaya mie instan, roti kering, biscuit, cemilan cracker beras yang bisa jadi alternatif makanan untuk sarapan atau makan malam dan untuk jaga-jaga juga kalau kesulitan menemukan makanan halal. Kenapa biaya makananya dimulai hari ke 2 ? karena hari pertama sampai Jepang aku langsung ke hotel buat istirahat dan masih ada burger BK pas sarapan di singapur jadinya gak perlu beli makan lagi.

Untuk internet aku memutuskan beli paket internet roaming telkomsel asia australia karena bakal transit di Singapur juga. Karena aku cuma berdua, jadi pilihan menyewa wifi ga jadi pilihan karena menurutku lebih mahal dibandingkan beli paket. Sebenarnya kalau mau hemat bisa juga modal free wifi yang ada di Jepang.

Oke, sekian dulu tulisannya semoga bermanfaat 😊

You May Also Like

14 komentar

  1. Wah, nice sharing mba 😁 bisa di coba nih nanti kalo traveling bareng keluarga

    BalasHapus
  2. Jepang...salah satu tempat yg diangankan untuk dikunjungi...mdh2an kesampaian
    Nice sharing mba

    BalasHapus
  3. Transportasi lokalnya Mahal juga ya. Terimakasih mba sharing nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba transportasi di Jepang mahal, jadi kalau masih memungkinkan untuk jalan kaki mendingan jalan kaki aja hehehe. sama-sama mba :)

      Hapus
  4. Saya bookmarked nih mba, memang rencana mau kesana, jazakillah udah sharing ya mba...

    BalasHapus
  5. wah mba noted banget nih, izin aku stared ya buat referensi setelah meredanya wabah korona ini mau jadwalin aktivitas buat travelling nih, k Jepang abis 16 juta an ya

    BalasHapus
  6. Nice sharing mba, smoga corona segera mereda jdi bsa travelling2 lgi ya mba

    BalasHapus
  7. Waaah info yang bermanfaat, kepengen ke Jepang :)

    BalasHapus