Tips Menggunakan Transportasi Umum di Hong Kong

by - Agustus 15, 2019



Jika jalan-jalan ke luar negeri tanpa travel agent biasanya aku selalu menggunakan transportasi umum untuk explore semua tempat. Jadi penting banget sebelum pergi sudah riset dulu tentang transportasi di sana, makanya selalu mengutamakan tempat wisata yang mudah dijangkau dengan transportasi umum. Sejauh ini negara atau tempat yang dikunjungi memiliki sistem transportasi yang sudah terintegrasi dengan baik, salah satunya Hong Kong. 

Tulisan kali ini aku mau sharing tips menggunakan transportasi umum di Hong Kong. Pertama aku bakal membahas mengenai transportasi di sana. Kota yang terletak di bagian tenggara Tiongkok ini, didaulat memiliki sistem transportasi publik terbaik di dunia. Ada banyak transportasi yang bisa digunakan untuk berkeliling Hong Kong, diantaranya: bus, minibus, MTR, airport express, ferry, trams, dan taksi. Untuk memudahkan aku saranin sebelumnya membeli octopus card untuk dipakai saat menggunakan transportasi umum dan dapat digunakan untuk pembayaran di toko-toko atau mesin penjual. Dengan menggunakan octopus card ini kita mendapatkan potongan harga jika menggunakan MRT dan airport express, tapi tidak bisa digunakan untuk bayar taksi dan ferry karena harus bayar dengan uang cash. 

Akses tranportasi dari bandara Hong Kong (HK) menuju pusat kota terdapat tiga alternatif transportasi yaitu bus, airport express, dan taksi. Penggunaan taksi buatku menjadi pilihan terakhir karena harganya biasanya lebih mahal dibanding transportasi yang lain dan aku juga hanya traveling berdua jadi kurang ekonomis kalau menggunakan taksi jika masih ada pilihan transportasi lain yang nyaman. Dari ketiga alternatif tersebut yang paling ekonomis menggunakan bus, ongkosnya 3,5-58 HKD sedangkan kalau naik taksi ongkos termurahnya 19 HKD untuk jarak terdekat. Tips memilih transportasi dari bandara, diantaranya:

1. Lokasi yang mau dituju 

Pertimbangan lokasi atau tempat yang mau dituju, cari transportasi yang paling nyaman untuk ke sana. Hong Kong terbagi menjadi 4 wilayah utama yaitu Lantau Island yang lokasinya dekat airport, kalau mau ke Disneyland atau Ngong Ping Cable Car itu ada di Lantau Island; Kowloon lokasi Ladies Market, Victoria Harbour, Tsim Sha Tsui, The avenue of Star; New Territories terdapat Noah's Ark replika bahtera nabi Nuh, salah satu tempat wisata popuper di sana; dan Hong Kong Island yang terdapat Victoria Peak, Madame Tussauds, Victoria Park dan lainnya.

2. Jumlah penumpang

Jika kalian hanya sendiri atau berdua aku lebih menyarankan naik bus atau airport express, tapi kalau bertiga atau berempat dan lokasi tujuan kalian di Lantau Island yang dekat airport, naik taksi juga masih oke dengan mempertimbangkan kenyamanan dan ongkosnya juga bisa dibagi berempat. Kalau kalian emang tidak begitu masalah dengan budget, naik taksi sah-sah aja kok untuk ketiga wilayah lainnya. Tapi kalau mau berhemat yahh jelaslah jangan naik taksi.

3. Barang yang dibawa

Pertimbangkan barang bawaan kalian misalnya bawa 1 koper atau lebih pastinya bakal berpengaruh dalam kenyamanan saat menggunakan transportasi umum. Jika kalian tidak bawa banyak barang atau tidak bawa koper, ga jadi masalah mau naik transportasi umum. Kalau kalian membawa lebih dari 1 koper, naik taksi jadi pilihan yang lebih nyaman. Kalau bawa 1 koper naik bus masih oke. Tapi kalau naik kereta (airport express / MTR) agak ribet karena tidak semua pintu exit ada lift atau eskalator jadi kemungkinan harus angkat koper sambil naik tangga dan kalau salah pilih pintu exit terdekat dari tempat tujuan harus jalan kaki lebih jauh lagi. 

Saat aku di HK, lokasi pertama yang di tuju itu Nathan Road, Tsim Sha Tsui yang ada di Kowloon dan waktu itu aku bawa 1 koper. Setelah mempertimbangkan biaya dan kenyamanan, aku lebih suka naik bus, selain ongkosnya paling murah diantara yang lain, tempat yang aku tuju mudah menggunakan bus tinggal naik A21 (1 kali bus) terus jalan dikit dengan biaya 33 HKD. Kalau menggunakan airport express harus lanjut dengan MTR dan harus naik turun tangga bawa koper jadi ribet.

Nah selanjutnya aku bakal kasih tahu kalian tips naik transportasi umum di Hong Kong.

1. Bus / MiniBus

Ada 2 tipe bus di HK yaitu bus dan minibus, perbedaanya bus mobilnya tingkat sendangkan minibus tidak. Tata cara menggunakan bus di Hong Kong, pertama pastikan menunggu di Shelter yang tepat. Lalu naik dari pintu depan dan langsung bayar ongkosnya kalau menggunakan octopus card tinggal tap aja sedangkan pakai uang cash bayar dengan uang pas karena tidak tersedia kembalian. Jika sudah mendekati pemberhentian yang di tuju jangan lupa memencet belnya karena jika tidak ada yang memencet bel pemberhentiannya akan diskip, make sure pencet bel sampai bunyi. Setelah itu turun di pintu tengah.

Minibus adalah bus kecil yang membawa penumpang sekitar 19 orang. Minibus ini terdapat 2 macam yaitu minibus hijau yang beroperasi di sepanjang rute tertentu dengan harga tetap sedangkan minibus merah beroperasi di sepanjang rute yang tidak selalu tetap dan penumpang bus dapat naik dan turun di mana saja sepanjang rute, kecuali tempat yang dilarang. Metode pembayarannya dengan octopus card atau cash dengan menggunakan uang pas, dibayarnya saat turun dari bus. Jika mengunakan minibus merah, pengemudi biasanya memberi catatan kecil ketika terjadi beberapa perubahan. saat penuh mninibus tidak akan berhenti untuk penumpang baru. Kemampuan berbicara sedikit bahasa kanton dan sudah familiar dengan Hong Kong akan membantu ketika bepergian menggunakan minibus ini, jadi minibus ini ga begitu aku sarankan kalau kita ga bisa bahasa kanton dan baru pertama ke HK.

2. MTR / Airport Express

Tata cara menggunakan MTR hampir sama dengan pengunaan kereta pada umumnya seperti commuter line, MRT, LRT. Kalau kita menggunakan octopus card dan saldonya sudah mencukupi kita langsung tap aja di gate tapi kalau ga punya beli tiket dulu di mesin otomatis atau di loketnya. Setelah tap kartu di gate langsung menuju antrian kereta yang melalui lokasi yang mau kita tuju, make sure arah yang tepat jangan sampai naik kereta ke arah yang berlawanan. Ongkos naik MTR sebenarnya lebih murah dibandingkan bus tapi kalau dari bandara harus naik Airprt Express dahulu dengan ongkos 115 HKD kalau dengan octopus 110 HKD. Kalau lagi jam sibuk naik MTR sering penuh dan berdesakan jadi peluang untuk duduknya lebih kecil dbandingkan naik bus.

3. Tram

Tram transportasi yang bersejarah di HK. Jadi kalian jangan lupa mencoba naik tram kalau di HK. Transportasi tram ini adanya di wilayah Hong Kong Island. Cara naik tram ini berbeda dengan bus, kalau menggunakan tram naik dari pintu belakang, dan bayarnya saat turun di pintu depan bisa menggunakan octopus card atau uang cash dan harus dengan uang pas. Ada juga Tram untuk turis namanya TramOramic, kita bisa berkeliling mengexplor Hong Kong Island dengan menggunakan tram selain itu kita juga bisa mendengarkan tentang sejarah kota Hong Kong dan akan mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah dengan menggunakan head set yang diberikan nanti. Biaya yang digunakan untuk naik TramOramic 95 HKD, dan kita bisa gratis mengunakan tram selama 3 hari. 

4. Ferry 

Untuk ke wilayah atau kota lain di RRT (Republik Rakyat Tiongkok) seperti Macau, Zhuhai, Shenzhen kita bisa menggunakan ferry untuk transportasi dari Hong Kong. Ada 3 terminal untuk menuju Macau, Zhuhai dan Shenzhen dari Hongkong menggunakan kapal ferry, dari Bandara International Hong Kong, yang dekat dengan Lantau Island, bisa naik dari Hong Kong Skypier, kalau dari Hong Kong Island kita bisa naik ferry dari Hong Kong - Macau Ferry Terminal lokasinya ada di Central, sedangkan kalau berada di Tsim Sha Tsui, di Kowloon bisa naik dari Hong Kong - China Ferry terminal. Kapalnya yang tersedia juga ada 3 macam yaitu Turbo Jet dan Cotai Water Jet yang melayani rute Hong Kong-Macau, juga Chu Kong Passenger Transport (CKS) ferry yang melayani rute Hong Kong - Zhuhai, Shenzhen, dan lainnya. 

Pengalaman aku ke Macau dari Hong Kong menggunakan kapa ferry. Saat itu terminal Ferry terdekat dari tempat penginapan aku yang berada di Nathan Road, Tsim Sha Tsui, Kowlon yaitu Hong Kong - China Ferry terminal. Jalan kaki sekitar 600 m dari Mirador Mansion. Aku PP naik Cotai Water Jet karena waktu itu yang paling cepat berangkatnya. Harga tiketnya 186 HKD saat pagi, saat pulang karena malem harganya berbeda menjadi 200 MOP (FYI: 1 HKD = 1 MOP).

5. Taksi

Tipe taksi di Hong Kong dikategorikan menjadi 3 warna, setiap warna mengindikasikan daerah-daerah tertentu. Taksi Merah beroperasi melewati seluruh HK, kecuali jalan Tung Chung di Lantau Island dan seluruh sisi selatan Lantau Island;Taksi Hijau hanya melayani di wilayah new territories; dan Taksi Biru hanya beroperasi di Lantau Island. Selain itu terdapat juga taksi untuk kebutuhan khusus / pengguna kursi roda yaitu Diamon Cab dan SynCab. Semua taksi di HK menggunakan argometer, ber-AC, dan bersih.

Sekian info mengenai tranportasi umum di Hong Kong. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua 😊


You May Also Like

0 komentar