Review Makanan Halal di Hong Kong dan Macau

by - Agustus 14, 2019


Bagi orang muslim, jalan-jalan ke tempat yang mayoritas non muslim itu susah untuk makan karena harus nyari yang halal atau muslim friendly. Tapi ga usah khawatir kalau mau jalan-jalan ke Hong Kong dan Macau karena sudah tersedia restoran-restoran yang menyediakan makanan halal. Perjalanan aku ke Hong Kong - Macau bulan Juli lalu, aku selalu menyempatkan makan di restoran halal. Agar informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian juga, khususnya bagi kalian yang akan atau memiliki rencana untuk traveling ke Hong Kong dan Macau, maka aku tuliskan review makanan halal yang aku coba di sana.

1. Hung`s Chinese Restaurant
Hung's Menu
Restoran ini berlokasi di Chungking Mansion, Tsim Sha Tsui, Kowloon, dari pintu masuk Chungking Mansion langsung belok kiri mentok terus belok kiri lagi. Restoran ini pemiliknya seorang muslim, makanan dan minuman yang disediakan halal tapi dia ga punya sertifikasi halal Hong Kong. Harga makanan sekitar 30 - 150 HKD, disini ga ada service fee tapi kalau mau dibawa pulang kena biaya 5 HKD per box nya. Rasa makanannya lumayan enak dan porsinya banyak tapi harganya lebih mahal dibandingkan restoran di Hong Kong Island.

2. Loulan Islam Restaurant
Dumpling vegetable soup - Fermentation drink - Homemade noodles and beef soup
Loulan Islam restaurant ini tempat makan halal yang aku coba saat di Macau. Lokasinya di R. do Teatro, dekat dengan Senado Square bisa jalan kaki sekitar 500 meter dari situ. Restoran ini memiliki sertifikat halal food dari Islamic Centernya. Oiya di sini pramusajinya orang Indonesia jadi kalau mau pesen tinggal ngomong bahasa indonesia aja. Makanan yang tersedia tidak hanya masakan cina tapi juga masakan timur tengah.  Harga makanannya sekitar 50-70 MOP/HKD sedangkan minumannya sekitar 15-25 MOP/HKD sama seperti di Hong Kong porsinya makananya banyak, 1 porsi bisa untuk 2/3 orang kalau yang tipe porsi makannya dikit. Aku memesan 2 porsi makanan, satu porsi untuk aku dan satunya lagi untuk adikku, jadi kami kekenyangan karena harus menghabiskan satu porsi sendiri-sendiri.

3. Nasi Briyani di Chungking Mansion
Nasi Briyani dengan potongan ayam yang besar
Selain Hung`s Restaurant di Chungking Mansion banyak yang jual nasi briyani halal. Aku sempat beli nasi briyani yang lokasinya sebelum belok kiri ke Hung`s resto. Harganya 1 porsi 45 HKD sudah terdapat nasi dan ayam, kita bisa milih mau spicy atau tidak. Menurut aku porsinya besar, aku bisa makan berdua sama adikku, rasanya juga enak.

4. Explorer`s Club Restaurant

Curry Rice Japanesse Food Set
Explorer`s Club Restaurant ini ada di Disneyland Hong Kong di area Mystic Point. Sebenarnya tempatnya kaya food court, tersedia berbagai macam makanan, ada Japanesse food, Korean Food, dan Asian Food (ada menu Indonesian food, Chinesse food). Disini tersedia kids menu yang porsinya lebih sedikit. Harga makanan termahal 149 HKD sudah sepaket dengan minum yang bisa kita pilih, mau softdrink atau lemon tea. Aku pesan paket nasi kari japanesse food dan lemon tea. Porsinya banyak banget dikasih 2 ayam, satu paha ayam goreng dan satunya lagi chicken katsu. Sedangkan adikku pesan paket nasi goreng yang lauknya ada sate ayam dan 1 udang goreng yang besar. Saking banyaknya kita ga ada yang abis, udah kenyang banget. Kalau gitu kan 1 porsi berdua aja biar hemat wkwkwkwk kan lumayan 149 HKD = sekitar 275.000 rupiah dan jadi ga mubazir.
Nasi goreng dengan berbagai lauk

5. Islamic Center Canteen
Aneka Dimsum
Nah kalau ini salah satu tempat makan dimsum halal yang terkenal di Hong Kong, lokasinya di Islamic Center, Masjid Ammar, di Wan Chai, Hong Kong Island. Kalau mau ke kantin kalian tinggal masuk aja ke gedung islamic center kemudian naik lift turun di lantai 4. Buka setiap hari dari jam 10.00 am - 09.00 pm. Disini tersedia dimsum dan masakan cina lainnya. Kalau mau makan dimsum adanya dari jam 10.00 am - 03.00 pm, saat malam menunya beda, tidak tersedia dim sum. Aku saranin kalau mau makan dimsum dari jam 10.00 am jangan mepet mau jam 03.00 pm karena dimsumnya cepat habis. Menurut aku harga makan disini lebih murah dibandingkan di Hung`s Chinese Restaurant, sangat rekomen untuk makan di sini.







You May Also Like

0 komentar