Hong Kong - Macau Trip Selama 5 Hari (Part 2/2)

by - Agustus 01, 2019

Tulisan kali ini merupakan intinerary Hong Kong dan Macau part 2, lanjutan dari cerita perjalanan aku ke Hong Kong dan Macau sebelumnya. Kalau kalian belum membaca tulisan sebelumnya, bisa baca di Itinerary Hong Kong dan Macau part 1.

Day 3 - Avenue of Star, Causeway Bay, Islamic Center, Ngong Ping, Ladies Market

Hari ke-3 di Hong Kong cuacanya kurang bagus, mendung dan berkali-kali hujan pas perjalanan. Rencana awal pagi-pagi ke Ngong Ping terus balik ke nathan road ambil koper- lanjut ke causeway bay, Hong Kong Island untuk ganti hotel, tapi berubah pikiran jadi ganti jadwal ke Avenue of Star dulu karena pas hari pertama datang kesana saat udah malem jadi belum sempat explore, baru check out, lanjut ke causeway bay. Untung banget ganti jadwal karena pas siangnya di Victoria harbour, Nathan road ada demo RUU ektradisi pada pakai baju warna hitam, kebetulan aku juga pas hari itu pakai baju hitam untung udah di Hong Kong Island, kalau ngga mungkin disangka pendemo juga wkwkwkwk

Paginya aku mengunjungi Victoria Harbour sebelum ada demo.
Setelah check in di Mini Hotel, penginapan yang ke-2, aku lanjut ke Islamic Center Canteen untuk makan siang, disitu terkenal tempat makan dimsum halal yang enak, dan beneran enak jadi hari terakhir aku balik lagi kesitu untuk makan siang. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Mini Hotel bisa jalan kaki ke sana. Aku saranin kalau ke sana kalau bisa jangan pas hari Minggu karena rame banget banyak TKI, kayanya kalau weekend ada acara juga disana. Waktu itu kendalanya pas mau shalat ga kebagian mukena, dan ga bawa juga, dikira ga akan sepenuh itu sampai susah buat ganti-gantian mukena, untungnya ada yang mau minjemin mukena hehehe.
Hujan deras jadi berteduh dulu
Saat perjalanan ke Ngong Ping, hujan deras jadi ga mood ke sana, tapi karena udah booking online untuk naik cable car-nya jadi memaksakan untuk kesana. Kalau diundur sudah ga sempet lagi. jadi aku menunggu hujan reda trus lanjut naik bus ke sana. Saat mau sampai, aku salah turun halte dong wkwkwkwk kelewatan 1 halte dan jauh, bigung juga untuk jalan kaki. Akhirnya aku memutuskan untuk naik taksi.
Sepi saat menaiki cable car menuju Ngong Ping Village karena sudah jam 4 sore

Aku baru naik cable car jam 4 sore dan sepi. Aku naik cable car cuma berdua sama adikku, jadi serasa privat. Padahal aku beli tiket yang biasa. Selama perjalanan di cable car agak ngeri karena anginnya terasa banget sampe cable car-nya goyang kaya ayunan. Semakin tinggi semakin berkabut, sampai ada momen isinya kabut doang, ga keliatan pemandangannya.
Pemandangan berkabut dari cable car
Cable car tutup sampe jam 6 sore jadi aku disana cuma explore bentar dan hujan deras lagi akhirnya langsung buru-buru pulang, pas pulangnya dalam cable carnya ada 8 orang jadi ga bergitu serem karena gunjangannya ga begitu kerasa dibandingkan cuma berdua.
Hujan deras di Ngong Ping Village walaupun pakai payung tetep basah juga
Selesai dari Ngong Ping Village aku lanjut naik bus ke Mongkong untuk ke Ladies Market, belanja bentar terus pulang ke penginapan. Rasanya kaki udah pegel banget seharian banyak jalan dan sempet gerek-gerek koper juga jadi cape banget

Day 4 - Disney Land Hong Kong

Niatnya ke Disneyland pagi-pagi, tapi ga jadi karena bangun-bangun badan masih pegel dan kemaren tidurnya telat baru tidur diatas jam 12 malam. Akhirnya aku baru sampai Disneyland siang hari, sekitar jam setengah 11. Hari itu cuaca panas sampai sore, baru hujan saat malemnya, pas banget hujannya saat aku lagi mau naik MTR untuk pulang.
Welcome to Disneyland !
Ini pertama kalinya Aku ke Disneyland, agak mengecewakan sih, bangunan kastilnya ditutup, sedang renovasi, dan gak sempet foto sama karakter-karakter disneynya. Jadi aku kira sistemnya sama kaya di Universal Studio Singapore, kita bisa bebas untuk foto sama karakter-karakternya. Ternyata ngga kaya gitu, ada jamnya dan dibatasin juga. Beberapa kali ketemu karakternya, ehh udah ga bisa foto. Selama di sana, aku cuma nikmatin 7 wahana + iron man experience yang udah ngantri lama tau-taunya cuma foto bentar doang wkwkwk aku kira ada nonton 4D nya ternyata itu terpisah di wahana berbeda.
Foto bersama Iron Man di Iron Man Experience
Kalau kalian ingin mencari makanan halal dan tempat shalat di Disneyland HK, gak usah khawatir karena itu semua udah ada di sana. Makanan halal tersedia di Main Street Market, Tahitian Terrace di area Adventureland, dan  Explorer`s Club Restaurant di area Mystic Point. Aku milih makan di Explorer`s Club karena makanannya lebih beragam dan dekat mushollanya juga. Lokasi mushollanya sebelahan dengan toilet, yang ada tulisan Quiet Room bukan prayer room yah atau musholla. Gara-gara tulisannya Quiet Room jadi aku ga nyadar kalau itu prayer roomnya wkwkwk padahal udah jalan ke main street jadi balik lagi kesitu.

Day 5 -  Tramoramic Tour, Jardine`s Crescent

Perjalanan hari ini tidak sesuai itinerary sama sekali, karena situasi dan kondisinya tidak memungkinkan. Aku baru keluar hotel sekitar jam 10.00, dan harus sampai hotel lagi jam 19.00 untuk persiapan pulang ke Indonesia. Sebelum ke Victoria Peak, kami makan dulu di Islamic Center lagi habis itu otw naik bus ke Peak Tram.

Pas turun dari bus, ada tulisan informasi kalau lagi direnovasi, jadi kalau mau ke victoria Peak menggunakan alternatif trasnpor yang lain. Alhasil karena udah bete jadinya batal ke Victoria Peaknya.

Aku nyobain naik tram menuju Western Market Terminus (FYI; Terminus sebutan shelter untuk tram) dan ikutan tram tour keliling Hong Kong Island, namanya TramOramic. Biaya TramOramic ini  95 HKD dan kita bisa naik tram sepuasnya selama 2 hari.
Tour tram TramOramic
Selesai tram tour aku lanjut ke Jardine`s Crescent untuk ke street market. Ternyata tempatnya tidak begitu besar dibandingkan Ladies Market. Barang yang dijualnya pun hampir sama, tapi harganya lebih mahal dan juga sulit untuk ditawar. Menurutku lebih baik belanja di Ladies Market aja. Akhirnya aku balik lagi ke Ladies Market karena ada yang mau dibeli. Setelah itu balik ke hotel dan lanjut ke bandara naik bus. Jadwal penerbanganku ke Jakarta jam 00.20 dini hari. Aku sampai Jakarta besok paginya sebelum subuh.

Selesai sudah perjalanan selama di Hong Kong dan Macau ini. Semoga cerita perjalanan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua, khususnya yang sedang mencari informasi untuk perjalanannya ke Hong Kong dan Macau. Happy holiday ! 😊