Perjalanan Umroh

by - Februari 29, 2020



Tak terasa sudah tiga tahun berlalu saat saya melakukan umroh di bulan Februari tahun 2017 yang lalu. Kali ini merupakan kesempatan kedua saya mengunjungi tanah haram ini. Tujuh belas tahun berlalu banyak sekali perubahan di kota ini, terutama dalam peningkatan proses pembangunan yang cukup pesat dibandingkan tahun 2000, saat pertama kali saya pergi ke sana. Kala itu jadi momen berkesan untuk saya saat masih SD, perjalanan umroh menjadi pengalaman pertama saya pergi ke luar negeri dan pertama kalinya naik pesawat. 

Setiap orang punya cerita perjalanan umroh yang berbeda-beda. Perjalanan spritual yang bisa meningkatkan keimanan kita. Jika mendengar cerita-cerita pengalaman umroh, apalagi untuk pengalaman pertama, biasanya sangat berkesan.  

Bagi umat islam banyak sekali yang menginginkan untuk melakukan umroh. Bahkan yang sudah pernah melakukan umroh pun rasanya ingin selalu bisa melakukan umroh lagi jika ada kesempatan.  Selain naik haji, umroh juga punya keutamaannya sendiri. Banyak nilai kebaikan dan pahala bagi orang yang menjalankannya. Umroh ini dianggap sebagai haji kecil. Jika belum bisa melaksanakan haji, dapat dimulai dengan melakukan umroh dulu. 

Hari Kamis kemarin dengar berita tentang penutupan jamaah umroh akibat virus Corona. Saudi Arabia melakukan penutupan sementara. Banyak jamaah umroh yang akhirnya tidak bisa berangkat ke tanah suci dan berakhir terlantar di Bandara Soekarno Hatta. Bahkan ada jamaah yang sudah sampai Jeddah terpaksa dipulangkan kembali ke Indonesia. Adapun saudara saya yang dijadwalkan akan berangkat hari jumat akhirnya dibatalkan. Untungnya informasi ini sudah diumumkan hari Kamis sehingga tidak terjebak di Bandara Soetta.

Luar biasa virus Corona ini dapat merisaukan penduduk seluruh dunia. Penyebaran virusnya semakin luas. Sudah banyak negara-negara lain yang tertular virus ini. Semoga wabah virus ini dapat segera teratasi aamiin.   

You May Also Like

10 komentar

  1. Smoga Allah jga segera memampukan saya dan keluarga untuk mengunjungin Tanah Suci ini ya mb.. Aamiin.. 😊😍

    BalasHapus
  2. Aamiin...semoga wabah ini cepet berlalu biar mekkah dibuka lagi..dan semoga sy dikasih umur untuk bisa jadi tamu Alloh

    BalasHapus
  3. Semoga wabah ini segera diangkat Allah, dan semua yg akan umroh, haji, dpt beribadah dgn tenang, Aamiin Ya Rabb...

    BalasHapus
  4. Semoga Allah memberikan saya Dan keluarga untuk umbroh juga.

    BalasHapus
  5. Semoga bisa umroh juga dan wabah cepat hilang ya mba 😊 kasian banget liat orang yang terjebak di bandara

    BalasHapus
  6. Aamiin, smoga keadaan segera normal kembali

    BalasHapus
  7. ya Allah mba..semoga dimudahkan ya, aku juga cukup sedih dengan keadaan dunia ssaat ini yg terserang wabah pandemi covid-19 ini

    BalasHapus
  8. Sedih ya melihat masjidil haram yg sepi.. Semiga bisa segera di buka kembali untuk haji dan umroh.. Aamiin

    BalasHapus