Japan Trip - Pergi ke Jepang Ketika Ada Taifun

by - November 04, 2019


Bulan Oktober kemaren jadi bulan yang ditunggu-tunggu karena sudah tidak sabar untuk berkunjung ke negeri sakura ini. Persiapan sudah dilakukan berbulan-bulan sebelumnya. Bahkan dari tahun lalu sudah beberapa kali mengunjungi Japan Travel Fair untuk mencari info tapi masih belum memutuskan kapan ke Jepangnya. Sampai akhirnya ada temen yang ingin ke Jepang dan mengajak saya untuk travelling ke Jepang tahun ini. Setelah mencari tiket yang dirasa sesuai harganya, kita memutuskan travelling ke Jepang bulan Oktober dan adik saya juga tertarik ikut karena saat itu lagi banyak tiket promo ke Jepang jadi dia tergoda juga hehehehe. Beberapa hari menjelang keberangkatan, sayangnya temen saya memutuskan untuk batal ikut karena tidak memungkinkan untuk cuti. Alhasil yang rencananya travelling bertiga ujung-ujungnya berdua lagi.

Setelah beli tiket untuk bulan Oktober, saya baru tau kalau bulan juli sampai oktober itu musim taifun alias topan di Jepang. Jadi bikin khawatir, tapi sudah terlanjur dan tidak bisa di reschedule tiketnya. Berusaha tetap optimis aja walaupun agak deg-degan kalau kesana saat badai topan gimana??

Ehhh ternyata malam H-1 keberangkatan dapat info dari Singapore Airlines kalau penerbangannya di reschedule yang harusnya berangkat dari Singapur jam 08.30 menjadi 11.30 karena ada Topan Hagibis di Jepang, dapat berita itu jadi was-was. Saya langsung mencari info tentang Topan Hagibis di google. Berdasarkan lamaran cuaca topan ini bakal menerjang Tokyo dan sekitarnya tanggal 12-13 Oktober 2019 dan topan ini dikabarkan akan lebih kuat dibandingkan topan-topan sebelumnya. Pemerintah Jepang menyuruh warga yang tinggal di tokyo dan sekitarnya untuk segera menggungsi dan berita ini sudah diinfokan dari seminggu sebelumnya. Selain itu, menjelang adanya topan ini banyak kantor dan sekolah yang diliburkan serta jalur kereta disekitar area tersebut diberhentikan juga penerbangan domestik dan internasional ke Tokyo di cancel. Baca berita tentang itu bikin saya was-was banget. Jadi membuat tidak begitu semangat untuk berangkat. Tapi sudah terlanjur yah bismillah aja...

Untungnya saya membeli tiket pesawat PP Osaka bukan Tokyo jadi alhamdulillahnya di Osaka lebih aman, akibat topan hagibis cuma bikin jadwal penerbangannya jadi delay aja tapi ga cancel. Jadi tanggal 12 Oktober saya tetap bisa berangkat ke Jepang walaupun tetap harus lebih berhati-hati, harus selalu update dengan berkembangan cuaca setiap harinya. Alhamdulillah topannya tidak kena ke tempat-tempat yang mau saya kunjungi di Jepang khususnya di area Tokyo walaupun akhirnya harus merelakan beberapa tempat wisata yang ga jadi dikunjungi karena cuacanya kurang bagus, sering hujan serta angin kencang, dan beberapa pertimbangan hal lainnya. Penanganan bencana di Jepang sudah lebih maju jadi bisa meminimalisir resiko bencana, walaupun Topan Hagibis ini masih tetap memakan korban jiwa ada puluhan orang yang meninggal dan dinyatakan hilang. 







You May Also Like

0 komentar