Tempat Sholat Selama di Jepang

by - Desember 01, 2019

Masjid Tokyo Camii
Pergi ke suatu negara yang bukan mayoritas muslim, sering kali kesulitan untuk menemukan tempat sholat, baik itu musholla atau prayer room maupun masjid. Hal itu menjadi salah satu hambatan untuk melakukan perjalanan ke negara-negara tersebut. Saat ini semenjak berkembang halal tour, negara-negara minoritas muslim lebih concern kepada turis muslim untuk kepentingan pariwisata, sehingga mulai memfasilitasi kebutuhan ibadah umat muslim dengan menyediakan prayer room di tempat-tempat wisata khususnya. Salah satunya negara Jepang yang sudah mulai mempromosikan halal tour di negaranya dengan mulai banyak menyediakan tempat untuk ibadah, tersedianya makanan halal, dan produk halal lainnya. Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya selama menggunakan prayer room di Jepang, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua yang akan ke Jepang 😊.

Di Jepang untuk menggunakan prayer room kita harus bilang dulu ke bagian informasi karena biasanya prayer room ini terkunci tidak bisa sembarangan untuk keluar masuk tempat itu. Lokasi bagian informasi dengan prayer room ini seringkali berjauhan. Jadi sebaiknya sebelum ke prayer room kita ke information center dulu untuk meminta izin menggunakan prayer room nanti kita disuruh isi form tentang identitas dan jumlah orang yang mau menggunakan prayer room dan lainnya. Setelah itu nanti kita dikasih tau kuncinya, informasi tentang peraturan penggunaan prayer room dan juga dikasih tau lokasi ruangnya. Sistem ini biasanya berlaku untuk penggunaan prayer room di stasiun atau tempat wisata ada juga restoran yang menggunakan seperti itu. Salah satunya di prayer room di Tempozan Osaka.

Prayer Room di Tempozan Market Place
Saat saya berkunjung ke Osaka Aquarium Kaiyukan yang lokasinya ada di Tempozan Park, saya sholat di prayer room Tempozan Market Place. Untuk menggunakan prayer room ini kita harus meminta password ke information center yang lokasinya dekat dengan konter tiket Osaka Aquarium. Kalau ingin sholat disini jangan lupa membawa mukena dan sajadah sendiri karena disini tidak menyediakan perlengkapan sholat. Dan juga ada batasan waktu dalam menggunakan prayer room ini maksimal 10 menit.

Woman Prayer Room in Kansai Airport
Tapi kalau di Bandara Kansai itu kita bisa bebas keluar masuk mushollanya tanpa harus izin dahulu. Ruang sholat untuk wanita dan pria di pisah. Enaknya sholat disini fasilitasnya udah lengkap tersedia mukena, sajadah, dan al-quran. 

Tempat Wudhu di Bandara Kansai
Selain itu kalau kita makan di resto halal kaya Ayam-ya, Naritaya dan lainnya, biasanya selalu ada musholla tapi ukurannya kecil hanya muat satu orang. Disana sudah ada tempat wudhu, mukena, dan sajadah. Ada juga resto halal di Arashiyama, Kyoto, untuk menggunakan musholla sistemnya hampir sama kaya di Tempozan. Mushollanya dikunci jadi harus bilang dulu ke pelayannya, kita juga bisa meminjam mukena.

Musholla di Yoshiya, Arashiyama
Tempat Wudhu di Yoshiya
Waktu saya ke Odaiba, saya menggunakan prayer room di Decks Tokyo Beach, salah satu pusat perbelanjaan di Odaiba. Di sana hanya menyediakan ruang untuk sholat tanpa ada mukena, sajadah, bahkan tidak tersedia tempat wudhu saat saya kesana. Padahal menurut info yang saya baca disediakan fasilitas air untuk wudhu. 

Kalau dalam perjalanan antar kota, biasanya saya menggunakan kereta dan saya menyempatkan shalat di dalam kereta saat perjalanan. Saya juga pernah shalat di ruang tunggu di stasiun saat di Ibaraki sambil nunggu kereta ke Tokyo karena di stasiunnya tidak tersedia prayer room. Tadinya berniat shalat di kereta tapi jadwal keretanya baru ada menjelang magrib. 



You May Also Like

34 komentar

  1. Barakaullahu fiik tulisannya, makasii mba info nya bagus bgt jd nambah pengetahuan, salam kenal mba

    BalasHapus
  2. Masyaa Allah semoga bisa ke jeoang juga

    BalasHapus
  3. Terima kasih mbak... Jadi pengen ke Jepang 😁🤗

    BalasHapus
  4. Waaah bersih dan tertara rapiii yaaaa 😍

    BalasHapus
  5. Masya Allah...cerita sudut-sudut di negara Sakura memang gak ada habisnya. Tetap semangat ngeblog ya 😄💪

    BalasHapus
  6. Bookmark ini mah! Siapa tau nanti saya ke Jepang. Aminnn.....makasih infonya mbaa

    BalasHapus
  7. MasyaaAllah...terima kasih infonya
    semoga suatu saat bisa berkunjung k Jepang...aamiin :)

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, nambah referensi wisata halal ke Jepang. Jazakillah infonya.

    BalasHapus
  9. Waah...smoga bisa ke jepang jga 🤩

    BalasHapus
  10. MasyaAllah, bermanfaat banget infonya mba :)

    BalasHapus
  11. Nice info mba, semoga someday bs ke jepun jg hehhe.. salam kenal mba

    BalasHapus
  12. Masya Allah, semoga suatu saat saya ada kesempatan ke sana juga mba

    BalasHapus
  13. Semoga suatu hai bisa ke Jepang juga. Terima kasih sharing nya Mba :)
    Salam kenal

    mbakrib.wordpress.com/

    BalasHapus
  14. Hem, jadi untuk prayer room di Jepang bisa aja ya mba diakses? Dan kemungkinan hampir tempat wisata punya ya? Suka deg2an kalau pergi ke luar negeri yang bukan muslim untuk solat gak tau dimana, jadinya di jama' pas balik penginapan. Alhamdulillah kalau disana lumayan mudah. semogaa punya kesempatan kesana... aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa kok mba diakses untuk umum. iya hampir ditempat wisata yang udah sering dikunjungi traveler muslim biasanya ada. aamiin.. :)

      Hapus
  15. Hai ka salam kenal yaa, informasi mengenai prayer room d Jepang ini bermanfaat banget karena kupikir kalo d Jepang, lumayan sulit menemukan dan ternyata harus pake izin gitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah sekarang udah mulai banyak prayer room, walaupun harus izin dulu. salam kenal juga mba, makasih sudah berkunjung :)

      Hapus