Biaya Liburan ke Hong Kong dan Macau Selama 5 Hari

by - April 28, 2020


Ketika saya ke Hong Kong saat bulan Juli tahun lalu, tahun 2019. Seminggu sebelum keberangkatan muncul berita demo Hong Kong. Sempat khawatir untuk liburan ke sana karena beberapa hari menjelang keberangkatan demonya semakin heboh dan mulai anarkis. Untungnya saat saya berangkat ke Hong Kong kondisi di sana masih aman untuk para tourist. Dan setelah saya pulang dari Hong Kong demonya semakin intens bahkan para pendemo melakukan aksi demonya di dalam bandara. 

Pada tahun ini, tahun 2020, aksi demo tersebut sudah mulai berkurang menurut berita yang saya tahu. Tapi mulai muncul permasalahan baru di Cina, yaitu virus corona COVID-19, yang sampai sekarang wabah tersebut menyebar ke berbagai negara, salah satunya di negara kita di Indonesia. Di rumah aja jadi pilihan yang terbaik untuk saat ini agar virusnya tidak semakin menyebar dan wabahnya bisa lebih cepat diatasi.

Sudah hampir 2 bulan anjuran pemerintah untuk di rumah aja, rasanya sudah mulai jenuh kepengen untuk ke luar rumah, apalagi untuk traveling mengexplore tempat baru. Kalau coronanya sudah berakhir dan situasi sudah kembali kesedia kala, kota apa yang jadi impian teman-teman untuk tujuan traveling? Kalau kalian berencana ke Hong Kong dan Macau, tulisan ini bisa jadi referensi untuk kalian saat mempersiapkan liburan ke sana. Untuk kalian yang belum memiliki keinginan untuk liburan ke Hong Kong dan Macau tetap masih bisa baca loh tulisan ini, untuk menambah informasi kalian.

Di tulisan kali ini saya akan berbagi mengenai biaya liburan ke Hong Kong dan Macau selama 5 hari. Saya akan menjabarkan biaya apa saja yang harus dipersiapkan untuk liburan ke sana, serta kisaran harganya. Jadi teman-teman ada bayangan untuk mempersiapkan budget berapa, jika ingin liburan ke Hong Kong dan Macau.

Untuk WNI jika berkunjung ke Hong Kong dan Macau bebas visa dengan maksimal kunjungan selama 30 hari. Kemudahan bebas visa ini yang menjadi salah satu alasan banyak wisatawan Indonesia senang berlibur ke Hong Kong dan Macau. Jadi kita tidak perlu repot-repot mengurus visa saat mempersiapkan keberangkatan ke sana. 

Tiket Pesawat
Harga tiket PP Jakarta - Hong Kong dengan menggunakan maskapai full service dan meyediakan penerbangan langsung, seperti Garuda Indonesia dan Cathay pacific harganya sekitar 3 jutaan ke atas. Kalau penerbangan full service tapi transit harganya bisa lebih murah, seperti Malaysia Airlines, Singapore Airline, dan lainnya. Harga tiketnya bisa dibawah 3 juta.

Saat saya ke Hong Kong Juli tahun lalu, saya menggunakan maskapai Cathay Pacific yang menyediakan penerbangan langsung dan full service tentunya, dengan harga sekitar 3,7 jutaan. Persiapannya cukup dadakan karena baru persiapan sebulan sebelumnya, jadi harga tiket pesawatnya yang didapatkan merupakan harga standart bukan yang promo murah.

Tersedia juga penerbangan low cost seperti air asia, malindo, dan lainnya untuk rute Jakarta - Hong Kong. Harga normalnya sekitar 2 jutaan PP Jakarta - Hong Kong. Tapi harus transit dulu dan biasanya belum termasuk biaya bagasi dan makan.

Kalian juga sebaiknya cek alternatif rute lain seperti PP Jakarta - Macau atau tiket multi city misal berangkatnya Jakarta - Hong Kong pulangnya Macau - Jakarta atau sebaliknya, bisa jadi lebih murah. Sering-sering cek harga agar mendapatkan harga terbaik. Juga cek promo di travel e-commerce, siapa tau lagi ada potongan harga tiket pesawat. Jadi kita bisa lebih menghemat lagi.

Penginapan
Biaya penginapan di Hong Kong bisa dibilang termasuk cukup mahal dibandingkan negara Asia lainnya. Harga properti yang tinggi menjadi salah satu penyebabnya. Jangan heran juga kalau ukuran kamar hotel cenderung kecil, bahkan untuk hotel yang berbintang 5. 

Untuk kalangan backpacker ada 2 gedung terkenal di Hong Kong yang menyediakan banyak penginapan murah seperti hostel, yaitu Chung King Mansion dan Mirador Mansion. Lokasinya berada di Nathan Road, Tsim Sha Tsui, yang stategis untuk mengunjungi tempat wisata.Maka dari itu jadi tempat favorit untuk menginap. Harga per malamnya untuk kamar privat ber 2 sekitar 400 ribu.  

Saat mencari penginapan di Hong Kong, sebaiknya cari di distrik Kowloon, seperti Tsim Sha Tsui, Mongkok, dan Jordan atau di Hong Kong Island, seperti Causewaybay, Central, dan Wachai. Agar lebih memudahkan untuk akses ke tempat wisata karena di kedua distrik tersebut paling banyak tempat wisatanya. 

Harga hotel berbintang 3 di Hong Kong mulai dari 600 ribuan. Untuk hotel bitang 4 paling murah sekitar 1 jutaan. Sedangkan kalau hotel berbintang 5, harganya di atas 2 jutaan. 

Saat saya berlibur ke Hong Kong saya sempat mencoba menginap di hostel yang setara bintang 2 di Mirador Mansion, nama hostelnya Cosmic Guest House. Harga yang saya dapat untuk hostel ini sekitar 400 ribuan untuk kamar privat berdua dan sudah kamar mandi dalam. Saya juga mencoba menginap di tempat berbeda, di daerah Causewaybay, yang merupakan hotel berbintang 3. Nama hotelnya adalah Mini Hotel, sesuai dengan namanya ukuran hotel ini juga mini. Harga permalam hotel ini sekitar 600 ribuan. Untuk reviewnya menyusul yah..

Transportasi
Transportasi yang ada di Hong Kong berupa MTR (kereta bawah tanah), bis, ferry, taksi, dan tram yang hanya ada di Hong Kong Island. Untuk informasi lengkapnya tentang transportasi di Hong Kong bisa kalian baca di artikel di bawah ini, tinggal di klik aja tulisan berwarna biru. 

Untuk transportasi dari Hong Kong ke Macau atau sebaliknya kita bisa menggunakan ferry yang sudah saya jelaskan juga di artikel  di atas.

Di Hong Kong juga tersedia kartu multi fungsi untuk pembayaran trasportasi di sana yang bisa kita gunakan untuk membayar ongkos bis, tram, dan MTR. Nama kartunya Octopus Card yang bisa kita beli di bandara seharga 150 HKD, di dalam kartu terdapat saldo 100 HKD yang bisa kita gunakan dan 50 HKD merupakan uang jaminan yang bisa kita refund saat akan pulang ke Indonesia di Bandara HKIA. 

Sarana transportasi utama di Macau adalah bis kota yang bisa kita gunakan untuk keliling Macau. Biaya ongkosnya 2,5 MOP untuk area dalam pulau. Jika di luar pulau kena biaya sekitar 3 sampai 6 MOP. 

Kalau kalian ke Macau dengan menggunakan kapal ferry dari Hong Kong, di Taipai Ferry Terminal kita bisa menggunakan free shuttle bus untuk ke beberapa tempat wisata di Macau. Seperti The Venetian ada free shuttle bus khusus untuk ke sana, bisa kita naiki untuk transportasi pulang pergi. Kalau ingin ke Senado Square, St. Dominic, dan Ruins of St. Paul kita bisa menggunakan free Shuttle bus ke Lisboa.   

Berdasarkan info terbaru di macau sudah tersedia kereta LRT yang mulai beroperasi bulan Desember 2019. Kereta LRT ini terhubung dengan Macau Internasional Airport dan Taipa Ferry Terminal. Tarif jarak dekatnya sekitar 6 MOP sedangkan untuk jarak jauh sekitar 10 MOP.

Tempat Wisata
Hong Kong memiliki banyak tempat wisata menarik. Untuk mengekplore semua tempat wisata dalam waktu 5 hari pastinya tidak memungkinkan, kita harus memilah mana tempat wisata yang paling ingin kita kunjungi. Di sini saya akan menyebutkan tempat wisata yang  menjadi tujuan utama jika berkunjung ke Hong Kong, diantaranya : 
  • Hong Kong Disneyland
Harga tiket masuk Hong Kong Disneyland jika langsung beli di sana harga standarnya 639 HKD. Kalau dirupiahkan sekitar 1,3 juta, dengan perhitungan nilai HKD sama dengan 2000 IDR. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah lebih baik beli online di travel e-commerce seperti traveloka atau klook atau lainnya. Saat saya beli tiket Hong Kong disneyland secara online, saya mendapatkan harga 880.000 rupiah. Lumayan bisa menghemat 400 ribu lebih.  

  • Victorian Peak
Ada beberapa alternatif untuk menuju Victorian Peak. Salah satunya dengan menggunakan Peak Tram yang merupakan tram khusus menuju puncak Victorian Peak yang jalannya menanjak dengan kemiringan hinga 50 derajat. Harganya per orang 45 HKD untuk tiket pulang pergi. Selain tram kita juga bisa menggunakan bis untuk ke sana, harganya lebih murah sekitar 20 HKD. Kalau ingin menghemat biaya bisa menggunakan bis, tapi kalau menurut saya mendingan naik tram agar mendapatkan pengalaman baru menggunakan tram khusus yang dapat menajak hingga 50 derajat.   

Selain ada Sky Terrace untuk melihat pemandangan Kota Hong Kong di ketinggian, di sana juga terdapat Madame Tussauds yang merupakan wax museum yang terdapat patung lilin tokoh-tokoh terkenal. Harga tiket paket untuk naik tram dan tiket masuk ke museum seharga 170 HKD. Sedangkan kalau harga tiket paket pp tram dan tiket Sky Terrance seharga 88 HKD. 

Sayangnya saat saya di Hong Kong saya tidak jadi ke Victorian Peak karena Peak Tramnya sedang ditutup sedang ada perbaikan. Cuma bisa menggunakan bis. Akhirnya saya memutuskan untuk membatalkan saja rencana ke sana, dan memilih alternatif wisata yang lain. 

  • Ngong Ping Village
Ngong Ping Village ini berada di Lantau Island yang lebih dekat dari Hong Kong International Airport. Hal yang menarik di Ngong Ping Village terdapat The Big Budha yang merupakan patung budha duduk yang terbesar di dunia.  Untuk menuju ke Ngong Ping Village yang lokasinya ada di atas bukit, kita harus menggunakan cable car Ngong Ping 360 yang akan menyajikan pemandangan Pulau Lantau dan Kota Hong Kong lainnya dari ketinggian. Cable car ini ada 2 tipe, tipe standar dengan harga tiket 185 HKD. Dan crystal cable car yang lantainya terbuat dari kaca sehingga kita bisa langsung melihat pemandangan dibawahnya dengan harga tiket 255 HKD. Saran saya lebih baik membeli tiketnya secara online karena biasanya lebih murah. 

  • Tsim Sha Tsui
Tempat wisata menarik dan gratis di Tsim Sha Tsui, diantaranya Avenue of star yang merupakan sebuah jalan yang terdapat 100 cetakan tangan selebriti Hong Kong dan juga terdapat beberapa patung aktor-aktor terkenalnya sebagai penghormatan bagi pekerja seninya. Lokasinya tempat di Victoria Harbour. Di sana pada malam hari setiap jam 20.00 kita bisa melihat petunjukan Symphony of Light dari bangunan-bangunan di Hong Kong Island. 

  • Ladies Market
Ladies market merupakan tempat belanja yang murah meriah di Hong Kong. Tempat yang cocok untuk membeli aneka souvenir untuk oleh-oleh. Saat akan membeli jangan lupa untuk mencoba menawar harganya dulu.

  • TramOramic Tour
Belajar sejarah kota Hong Kong dengan naik tram yang cuma ada di Hong Kong Island dengan mengikuti TramOramic Tour. Harga tiketnya 95 HKD. Saat membeli paket tour ini kita akan diberikan head set yang bisa kita gunakan untuk mendengar penjelasan mengenai sejarah Hong Kong sambil mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Hong Kong dengan tram tour. Selain itu harga tiket tersebut juga dapat kita gunakan untuk naik tram sepuasnya di Hong Kong Island selama 2 hari.

Baca juga :


Tempat wisata di Macau yang sering dikunjungi wisatawan, diantaranya Senado Square, St. Dominic, Ruins of St. Paul, dan The Venetian Macau. Keempat tempat tersebut tidak memerlukan tiket masuk alias gratis. Tapi jika kalian ingin naik Gondola di The Venetian ada biayanya 100 MOP. Kita akan naik gondola selama 20 menit.  

Biaya Makan
Biaya makan di Hong Kong sekitar 50 HKD atau setara 100.000 IDR untuk sekali makan. Kalau sehari makan 3x berarti harus menyiapkan 300.000 per hari untuk satu orang. Harga biaya makan di Hong Kong dan harga air mineral termasuk mahal. Saran saya untuk menghemat biaya makan kita bisa membawa bekal makanan dari Indonesia. Biasanya untuk sarapan saya makan bekal yang saya bawa dari Indonesia, seperti roti kering, mie instan, biskuit dan lainnya. Saya memesan penginapan yang tidak termasuk sarapan karena makanannya tidak terjamin halal, jadi lebih baik saya bawa makan sendiri. 


Internet
Untuk keperluan penggunaan internet kalian bisa membeli sim card lokal, seperti Discover Hong Kong Tourist Sim Card yang harganya sekitar 118 HKD dengan kuota 5GB untuk 8 hari yang bisa kalian beli di bandara. Jika kalian menggunakan telkomsel, kalian juga bisa membeli pake internet roaming untuk ke Hong Kong harganya 150.000 rupiah dengan kuota internet 30gb selama 7 hari. Atau jika kalian ingin sharing untuk beberapa orang bisa juga menyewa pocket wifi, harganya sekitar 30 ribuan per hari. Kalau kalian ingin berhemat bisa juga menggunakan free wifi yang tersedia di sana.

Di bawah ini saya lampirkan tabel biaya pengeluaran saya saat liburan ke Hong Kong dan Macau selama 5 hari pada bulan Juli setahun yang lalu. Saat harga tukar Hong Kong Dollar (HKD) masih 1820 rupiah. Kalau sekarang harganya sudah naik sekitar 2000 rupiah.
Biaya pengeluaran liburan Hong Kong dan Macau tahun 2019

You May Also Like

2 komentar

  1. Nominal segitu belum PP ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah ko, itu 8 juta udah termasuk tiket pesawat PP jakarta - hong kong

      Hapus